FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Pegiat Budaya Minta Benda Sejarah Hiasi Jalan Subang KOta

TINJAU SUBANG- Pegiat seni dan budaya Subang meminta pemerintah setempat memanfaatkan artefak benda purba atau sejarah di sudut Subang.

Hari terakhir ini, pemerintah dalam hal ini Dinas Tata ruang, Pemukiman dan Kebersihan (Tarkimsih) Subang gencar mempercantik sudut jalan Subang Kota. Sejumlah sudut kota dan bundaran jalanan protokol dibenahi dan dipercantik.

Momentum ini dinilai menjadi sarana tepat untuk jadi media sosialisasi benda purbakala ke publik, sekaligus menjadi spirit budaya masyarakat Subang dengan membuat artefak patung benda purba di lokasi itu.

"Misalnya benda purba itu dipasang di titik nol Kota Subang yaitu di bekas kantor PU dulu, seperti halnya sejarah gedung sate yang bekas kantor pu," kata pegiat seni budaya Subang Nandang kepada TINTAHIJAU.com, Jumat (12/12/2014)

Adapun tipikal icon jalan lingkar, imbuh nandang, diambil dari artefak ataupun figur yang direkomendasikan oleh pihak berkompetensi dan stakeholder.

Kepala Dinas Tarkimsih Sumasna menyambut positif wacana tersebut. Namun pihaknya meminta opsi benda sejarah yang bakal dijadikan aksesoris di sudut jalananan tersebut. "Kita merespon positif usulan itu. Kita minta opsi-opsinya, kalau sudah mengekrucut kita sampaikan ke Bupati," kata Sumasna.

Tidak hanya di Subang Kota, ia juga akan membuat hal serupa di daerah lainnya di Kabupaten Subang dengan mengangkat potensi dan kearifan lokal di daerah tersebut. "Di Pantura, karena di sana ada nelayan dan petani, bisa saja kita pasang itu sebgai spirit keteguhan potensi  kita," tegasnya. [annas nashrullah]

 

Berita Selengkapnya Klik di Sini

Berita lain terkait klik di sini


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Parfum Refill ini Bikin Sang Adam Digilai Kaum Hawa https://t.co/eTuBjHAEqW https://t.co/G4XOEMbboi
Aneh Bin Ajaib, Pohon Pisang Tumbuh di Dahan Pohon di Area Pemakaman https://t.co/WmOzWUkNAy
Inilah Alasannya Kenapa Pria Menyukai Payudara Wanita https://t.co/V597E2kgNZ
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter