FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Rektor IPB: Petani Milenial Penting untuk Atasi Krisis Regenerasi Petani

Indeks Artikel



Sekelompok anak muda saat berkunjung ke Hydroponic Farm Jabung, Subang

 

BANDUNG, TINTAHIJAU.COM – Institut Pertanian Bogor (IPB) siap berkolaborasi dengan Pemda Provinsi Jawa Barat untuk menyukseskan program Petani Milenial Juara.

Rektor IPB Arif Satria mengatakan program Petani milenial yang digulirkan Gubernur Jabar memiliki peran penting, khususnya untuk meregenerasi petani yang belakang ini kondisinya sudah mengkhawatirkan

"Sangat bisa (bersinergi). Karena ini adalah program gubernur yang sangat penting untuk atasi krisis regenerasi petani. Namun Jangan hanya berfokus di Bandung saja, tapi juga Bogor dan daerah lain.  IPB sendiri juga sudah jalan melalui kerja sama dengan para alumninya melalui Program SABISA Farm," ujar Rektor IPB Arif Satria melalui sambungan telepon, Rabu (2/6/2021).



BERITA LAINNYA:
Delapan Daerah ini Jadi 'Tuan Rumah' Program Petani Milenial
428 Petani Milenial Garap Komoditas Tanaman Hias dan Ubi Jalar
Bupati Subang: Program Yess Akan Lahirkan Petani Milenial Berkualitas

Dia bercerita sebetulnya pembentukan petani milenial sudah bergulir di IPB sejak 2013 melalui program Sabisa Farm. Program pembelajaran ini dibuka untuk mahasiswa semester 5 dan 7. Angkatan pertama telah menciptakan banyak wirausahawan sarjana.

IPB telah banyak menyediakan puluhan hektare lahan untuk petani milenial Sabisa Farm yang berlokasi di daerah Sindang Barang dan Sukamantri, Bogor. Lahan tersebut cocok untuk ditanam sayuran, buah-buahan hingga tanaman hias.

Lahan tersebut, menurut Rektor, dapat dimanfaatkan bersama misalnya untuk pelatihan, magang, bahkan penelitian para peserta program Petani Milenial Juara dari Pemda Prov Jabar.

"Pemprov Jabar bisa menggandeng IPB dan kampus lainnya untuk program petani milenial, dari mulai pelatihan,mentoring, pemodalan,  hingga menciptakan pasar," tegasnya.

Soal kehandalan, Arif percaya Sabisa Farm dapat mendukung secara signifikan program Petani Milenial Juara. Dari 100 mahasiswa yang daftar setiap tahunnya, rata – rata 50 persen peserta tetap bertahan dan sudah naik level dari petani senior yang profesional.   



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Gandeng Google Inisiative dan Cek Fakta, AMSI Jabar Gelar Pelatihan Literasi Berita Tangkal Hoaks https://t.co/gbBZz2QGGg
PT KAI Berinovasi, Wagub Jabar: Ada Layanan Live Cooking https://t.co/Zs4LfIKT2m
HUT Ke-61, BPN Bikin Warga Kabupaten Subang Sumringah https://t.co/mhQwKV6bKA
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter