FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Respon Mahasiswa Rencana UPI Buka Kampus Baru di Subang

SUBANG, TINTAHIJAU.com - Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung berencana membuka kampus baru di Kabupaten Subang.

Bupati Subang H Ruhimat menyiapkan lahan 300 hektar untuk relokasi UPI ke Subang. Rencananya, lokasi yang akan digunakan untuk Kampus UPI itu di daerah Jalupang

Dia mengharapkan kedepan pertemuan dengan jajaran UPI dapat dilaksanakan di masa yang akan datang dengan harapan ada masukan dan gagasan untuk pembangunan di Kabupaten Subang.

BACA JUGA: Bupati Subang Siapkan Lahan 300 Hektar untuk Relokasi UPI

"Sangat keterlaluan jika ada Bupati yang tidak merespon rencana seperti UPI yang akan merelokasi kampusnya Ke Kabupaten Subang. Saya sangat mendukung rencana UPI tersebut, berharap dengan adanya kampus seperti UPI diikuti oleh kampusternama lainnya," kata Bupati

Di masyarakat, beragam respon soal relokasi Kampus UPI di Subang itu. Lalu bagaimana dengan Mahasiswa?  TINTAHIJAU.com telah mewawancarai mahasiswa dari sejumlah kampus yang ada di Kabupaten Subang.

1. Bisa menyamai edukasi dan teknologi
Salah seorang Mahasiswa Universitas Subang Yolanda Ayulieane Christin, mengatakan rencana pembangunan UPI di Subang bisa menjadi jalan pembuka Kabupaten Subang menjadi daerah menyamai edukasi serta teknologi kampus-kampus negeri di kota besar, seperti Bandung contohnya.

"Subang tuh masih minim banget lah dari segi edukasi teknologi gitu, ya siapa tau dengan adanya nanti kampus UPI bisa ngebantu buat mahasiswa mahasiswi di Subang. Belum lagi pembelajarannya suka terlalu santai, jadi ke kitanya ikut santai juga," kata Yolanda.

2. Stigma label Negeri dan akreditasi
Mahasiswa STIE Sutaamadja Subang, Noer Ali Muhammad mengatakan saat ini banyak kampus di Kabupaten Subang yang berakreditasi di bawah B, yang menjadi titik kelemahan terutama untuk bersaing di lapangan pekerjaan nantinya. Mengingat bahwa akreditasi kampus adalah hal yang sangat dilihat dan diperhitungkan.

"Di kita itu, di Subang cenderung melihat bahwa yang ‘negeri’ pasti berkualitas. Pasti semua orang juga sudah pada tah, udah lumrah gitu ya di masyarakat Kabupaten Subang ini. Terus jika memperluas cabang di Subang, memperluas juga buat minat anak muda yang ingin melanjutkan pendidikan karena keterbatasan ekonomi. Karena kita tahu bahwa di Subang itu, selain melihat negeri atau tidaknya, pasti kita melihat akreditasi. Kalau misalkan UPI pasti udah negeri, pasti biayanya terjangkau terus masyarakat Subang bakal banyak yang berminat," paparnya

3. UPI adalah Tujuan Utama Siswa di Subang
Mahasiswa Unsub Irfan SUryadi mengatakan lulusan SMA di Subang rela merantau demi menggenggam perguruan tinggi negeri. Oleh karenanya, rencana pembangunan kampus UPI di Kabupaten Subang ini dianggap angin segar untuk para pemburu PTN.

"Bagus banget kalo ada kampus UPI di Subang karena masih kurang kampus negeri. Lumayan banyak yang ngejar kampus negeri, bahkan di luar kota. Apalagi di kota yang mereka tempati pasti banyak. Dan setau aku kebanyakan lulusan SMA Subang itu pada pengen masuk UPI," terang Irfan

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

TRENDING TOPIC

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Kasus Covid-19 Meningkat, Bupati Garut Ajak Warga Terapkan Prokes https://t.co/dbdk1GP9fZ
Terdampak Covid-19, Dinas Perikanan Karawang Bantu UMKM Pengolahan Ikan https://t.co/FnCVWRh765
Hi App, Aplikasi Chatting Buatan Anak Bangsa Kini Resmi Hadir Untuk Android Dan IOS https://t.co/S4q2R1bsii
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter