FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Hadirkan Konsep Wisata, Bikin Siswa Betah di Perpustakaan SMAN 1 Subang

SUBANG, TINTAHIJAU.com - Menjadi laboratorium literasi, Perpustakaan SMAN 1 Subang dibuat menjadi tempat menarik dan asik bagi pengunjungnya.

Bukan tanpa alasan, selain menghadirkan rasa nyaman dan menjadi daya tarik siswa, dengan penataan yang apik, keberadaan perpustakaan akan menjadi tempat favorit bagi siswanya.

Semangat ini menjadi modal pengelola Perpustakaan SMAN 1 Subang melakukan pembenahan dan penataan Laboratorium Literasi tersebut. Adalah Nida Sholeha, alumni yang kini mnegajar di SMAN 1 Subang itu melakukan inovasi.

Perpustakaan dibuat menjadi tempat paling nyaman dan mengasyikan. Sebuah saung dihadirkan di dalam ruang perpustkaan. Bahkan pada salah satu pojok, ada replika pohon yang membuat suasana tenang.



Pada bagian dinding, dipenuhi seni mural karya siswa. Aneka karya lukis itu, selain menghadirkan nilai seni, juga menarik untuk olah otak membaca pesan dari coretan kanvas tersebut.

"Berangkat dari perpustakaan sekolah, yang siswa tidak tertarik datang karena tempatnya kurang menarik. Maka dari itu saya dan guru lain, membuat terobosam yang mudah-mudahan anak suka," kata Nida

Nida, akhirnya mencoba berinivasi dengan merombak tata di perpustakaan dengan melengkapi ruangan perpustakaan yang menghadirkan ketenangan dan kenyamanan.

"Perpustakaan menjadi tempat yang asik, di sini bukan hanya untuk membaca, tapi siswa bisa berimajinasi untuk dituangkan dalam sebuah tulisan, juga jadi tempat pameran kerasi anak-anak," terangnya.

Inovasi Nida ini membuahkan hasil cukup signifikan. Kepala Perpustakaan Marni Hartati didapmingi Guru Jaga Sela Noviani Puspita mengatakan, sejak adanya penataan tiga pekan terakhir ini, jumlah kunjungan ke siswa mengalami peningkatan. "Bisa tiga sampai lima kali lipat yang datang, dibanding sebelumnya. Mungkin karena sekarang tempatnya sudah lebih enak ya," katanya

Menurut Seli, banyak hal yang dilakukan siswa ketika datang ke Perpustakaan. Dari mulai mencari referensi, membaca sampai diskusi nonformal sesama pelajar. "Sekarang jauh lebih hidup, alhamdulillah Perpustakaan jadi ramai," jelasnya.

Ada ribuan buku bacaan yang tersedia di perpustakaan SMAN 1 Subang ini. Tidak saja buku pelajaran, tapi buku umum yang akan menambah khazanaha keilmuan siswa.

"Tentu saja, bukan hanya jumlah pengunjung yang meningkat, mudah-mudahan wawasan anak-anak, karya tulis dan apapun itu juga ikut meningkat," pungkasnya



FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom


Banner Kanan 1
TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Cara Melindungi Rumah Anda Dari Ular https://t.co/5frnaaBsv3
Lembah Panyaweuyan, Indahnya Permadani Hijau Majalengka https://t.co/sH2hWy4cAJ
Touring, Cara Bikers TRS Subang Melepas Penat https://t.co/vbDobG5lLw
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page