FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

ITB dan Universitas Majalengka Kerjasama Tingkatkan Hasil Bumi

MAJALENGKA, TINTAHIJAU.com - Kerjasama Institut Teknologi Bandung (ITB)  dan Universitas Majalengka (Unma) melalui program pengabdian pada masyarakat (PPM) mulai digelar Kamis (11/7/2019).

Bertempat di Balai Desa Candrajaya, puluhan warga mengikuti pelatihan dari Desa Candrajaya Kecamatan Sukahaji dan Desa Pasirayu Kecamatan Sindang yang kedua memiliki potensi sumber daya alam masing-masing.

Sebanyak 30 orang dari dua desa tersebut selama setengah hari mendapatkan materi pelatihan bertema diseminasi teknologi pupuk organik dan pasca panen ubi-ubian di desa Candrajaya dan Pasirayu Kab. Majalengka.

Ketua LPPM ITB Edi Sasmita mengatakan setelah melakukan kunjungan ke desa Candrajaya dan Pasirayu beberapa waktu lalu, disepakati tim ITB dan tim UNMA akan menindaklanjuti dalam bentuk pelatihan.

Universitas Majalengka Teken Mou dengan 5 Perguruan Tinggi di Jawa Timur
HIMAPTIKA FKIP Unma Gelar LKTI Tingkat Mahasiswa Se-Wilayah 3 Cirebon
Universitas Majalengka-IPB Kolaborasi KNM/KKN Tematik Bersama

"Sebelum melakukan pelatihan hari ini, kami juga melakukan kunjungan lagi ke desa ini untuk mastikan materi apa yang sesuai, akhirnya disepakati untuk Desa Candrajaya berupa penanaman pasca panen ubi ungu, sementara untuk Desa Pasirayu adalah pembuatan pupuk organik berbasis limbah kotoran Ayam," kata Edi Kamis (11/7/2019).

Kedepan, kata Edi, pelatihan ini akan diarahkan sebagai produk unggulan Bumdes di masing-masing desa, untuk Desa Candrajaya arahnya ke pengembangan Ubi sedangkan Desa Pasirayu adalah pupuk organik dan akan ada produk-produk ikutan lainnya.

Suara Merdu Polwan Cantik dari Subang di Panggung Hari Bhayangkara

"Berdasarkan kesepakanatn ITB-UNMA pelatihan dilakukan tidak hanya sekali, dimulai dari pelatihan tahap 1 ini, 2 sampa 3 minggu kedepan akan memberikan  pelatiahan lagi untuk melihat apakah para petani ini sudah memperoleh pengetahuan yang cukup atau belum," tandas Edi.

Apabila belum, kata Edi akan diberikan pemantapan pada tahap II dan berikutnya adalah evaluasi yang nanti  akan dibawa tim ITB ke kampus untuk disampaikan sehingga akan jadi masukan ditahun berikutnya apakah masih menggarap komoditas yang sama atau sektor lain yang terkait.

Sementara itu Rektor Universitas Majalengka Prof. Sutarman mengatakan pelaksanaan program pengabdian pada masyarakat ITB-UNMA adalah tindak lanjut tahun 2018, kerjasama ini akan dilaksanakan selama 3tahun dalam bentuk pelatihan dan pembinaan.

Sedangkan Koordinator Program Pengabdian Masyarakat UNMA Abdul Kholiq mengatakan untuk hari ini pelatihan dan pembinaan kepada peserta pelatihan dilaksanakan Tim PPM ITB sedangan untuk UNMA akan melaksanakan pada minggu ketiga, pungkasnya.

Untuk Tim PPM ITB yang terlibat adalah Dr. Aos, Dr. Mia Rosmiati, Dr. Rijanti Rahayu Maulani, Dr. Rika Alfianny dan LPPM ITB Drs. Edi Sasmita. Sedangkan tim P2M UNMA ketua : H. Dadang Sudirno, SE, M.Si, Koordinator Pengabdian Masyarakat: Abdul Kholiq ST, MT dan Rektor UNMA Prof. Sutarman

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIJAUcom
YouTube: TINTAHIJAU Channel


TINTAHIJAU CHANNEL
Banner Kanan 1

Twitter Update

Kreatif! Warga Majalengka Sulap Jerami Padi jadi Patung https://t.co/fqKdbRcf2e
Ini Dia Formasi Hasil Bongkar Pasang 301 Posisi Pejabat Subang https://t.co/FlRViYjNHp
Buka Outlet Baru di Jl. Panji Subang, Nasgor Mumtaz Gratiskan 50 Porsi Gratis https://t.co/fwLSviUHgt
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page