Mahaiswa Universitas Majalengka Sabet Juara 2 Kompetisi Internet of Things Makasar

MAJALENGKA, TINTAHIJAU.com - Universitas Majalengka kembali mengukir prestasi di kancah Nasional. Tiga Mahasiswa Universitas Majalengka sukses meraih juara 2 dalam Kompetisi Internet of Things (IoT) yang digelar UIN Allaudin Makasar, 21-25 April lalu.

Pada IoT, ini Universitas Majalengka mengutus tiga mahasiswa Prodi Teknik Informatika Fakultas Teknik Yayat Nurhidayat, Egy Agung Prastya dan Adie Iman Nurjaman. Mereka bersaing dengan ratusan mahasiswa lainnya dari 14 Kampus di Indonesia. Tahap demi tahap dilalui trio Unma dengan gemilang.

Keberhasilan itu mengantarkan Universitas Majalengka masuk babak final bersama Universitas Brawijaya Malang, dan Universitas Buana Perjuangan Karawang, dan Universitas AMIKOM Yogyakarta. Di babak final, Univeristas Majalengka lewat karyanya Smart Greenhouse Controller (SEGER) menempati Juara 2 Tingkat Nasional Internet of Things.

"Alhamdulillah Universitas Majalengka meraih Juara 2 Tingkat Nasional Internet of Things, dan prestasi ini adalah Kado istimewa untuk UNMA ke -13 setelah sebelumnya Universitas Majalengka mendapat nilai Akreditasi B atau Sangat Baik," kata Rektor Universitas Majalengka Prof. H. Sutarman Sabtu (27/4/2019)

Salah seorang mahasiswa Yayat Nurhidayat mengatakan Smart Greenhouse Controller (Seger) ini dipersembahkan untuk petani itu. Lewat aplikasi yang menjadikan aktivitas berkebun lebih efesien ini, para petani bisa melakukan aktivitas lain selain bertani.

Dengan aplikasi itu, jelas dia, petani bisa melakukan penyiraman tanaman hanya dengan 'mengklik' sebagian tombol yang ada di aplikasi itu. Begitu juga dengan proses pemupukan, mereka tidak lagi diharuskan untuk datang langsung ke perkebunan melainkan dimonitor di luar areal perkebunan.

"Karena ini sistemnya internet, jadi tidak terkendala jarak. Selagi ada jaringan, bisa dilakukan. Instruksi yang kita lakukan lewat aplikasi itu akan diterima kotak kontrol yang ada di perkebunan, untuk kemudian alat-alat akan segera melakukan tugasnya, sesuai dengan yang kita instruksikan lewat aplikasi itu," papar dia.

Dalam hal pengendalian suhu dan udara, petani akan bisa mengetahui angka ideal demi keberlangsungan pertumbuhan yang baik. Denagn demikian bisa segera dilakukan tindakan, sesuai informasi ideal itu.  "Dalam proses (berkarya), kami ada komunikasi dengan kawan-kawan yang memang paham dunia pertanian. Jadi ada semacam kolaborasi," pungkasnya

Untuk memanfaatkan aplikasi ini, bisa mengunduhnya lewat Play Store, lalu cari dengan kata kunci Cayenne. Namun untuk mengetahui dan pemanfaatan aplikasi ini, bisa menghubungi para penggagasnya, Tim Windstand Robotik, Prodi Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Majalengka.

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIJAUcom
YouTube: TINTAHIJAU Channel


Banner Kanan 2
Banner Kanan 1

Twitter Update

SMPIT As-Syifa Subang Umrohkan Siswa Teladan dan Hafal 30 Juz Al-Quran https://t.co/zf4xIF8lu6
Polres Majalengka Amakan Empat Pekerja Hiburan Malam https://t.co/hYXhu065hN
Rindu Perubahan, Bupati Ruhimat Ajak Warga Bersatu Membangun Subang https://t.co/ckhqvDBXMs
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page