Fakultas Teknik Unma Gelar Pameran Inovasi Karya Mahasiswa 2019

MAJALENGKA, TINTAHIJAU.com - Puluhan Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Majalengka, menggelar Pameran Inovasi Karya Mahasiswa (PIKM) 2019 di Auditorium UNMA, Sabtu (9/3/2019).

Agenda rutin tahunan yang merupakan salah satu tugas mahasiswa Fakuktas Teknik UNMA semester 3,  tahun ini diikuti 33 mahasiswa dari 12 kelompok memamerkan inovasinya baik dari Prodi Informatika, Prodi Teknik Industri, Prodik Teknik Mesin dan Prodi Teknik Sipil.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Majalengka Dr. H. Riza M. Yunus mengatakan tahun 2019 ini, Fakultas Teknik UNMA kembali melaksanakan kegiatan serupa yang telah dilaksanakan tahun 2018 lalu yakni unjuk kemampuan diri para mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Teknik yang dikemas dalam Pameran

"Selain pameran juga ada Kuliah Umum yang disampaikan oleh para Dosen di lingkungan FakultasTeknik. Sehingga kegiatan ini bersifat terbuka, dapat disaksikan oleh masyarakat Majalengka pada umumnya," kata Riza

Riza berharap melalui kegiatan tersebut akan menjadi wadah bagi Dosen dan Mahasiswa untuk mencurahkn dan mewujudkan
kreasi dan inovasi untuk pengembangan Majalengka kedepan terutama menghadapi era disrupsi saat ini yaitu Revolusi 4.0.

Sementara itu Ketua Pelaksana kegiatan Tri Perga Prasetyo menjelaskan melalui mata kuliah Pengantar Intelegensi, mahasiswa Fakultas Teknik menghasilkan produk robot, aplikasi, games. Dan mata kuliah Pengantar Multimedia menghasilkan film pendek, yang semuanya dikemas dalam bentuk pameran.

Adapun produk-produk yang dihasilkan sambung Tri, untuk Teknik Informatika berupa Rancang Bangun Prototype robot Pemungut Sampah, Smart Kitchen, Rancang Bangun Prototype robot Pembersih Lantai menggunaka Microcontroller dengan Arduino Uno R3, Tunnet ss, Sistem Pakar Buta Warna, Sistem  Pakar Psikologi Pendidikan, Sistem Pakar Diagnosa Penyakit pada Hewan Ternak Sapi, Sistem Pakar Palawija, Karung Boy Adventure, Game Thingking to Win, Game Adventure Atewiti dan Game Petualangan Interaktif finding Out.

"Sementara untuk karya Prodi Teknik Industri  berupa tata letak pabrik, mesin VLC, cangkul serbaguna, kursi kuliah Ergonomik dan pengait buah. Sedangkan karya Prodi Teknik Mesin diantaranya Honey Extrator, Perajin Singkong, Extrude Plastic dan Hirolisis," urainya

Sedangkan untuk prodi terakhir yaitu Teknik Sipil, mereka memamerkan Introducibg of Civil Engineering, Maket Building and Animasi Prototype Masjid UNMA, Gambar Kerja dan Maket, Inovasi Beton dan Alat Ukur.

"Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini juga digelar lomba tingkat SLTA berupa lomba Line Follower, Web Programing dan Desain Grafis, namun tetap ada ajang pemberian penghargaan kepada kelompok mahasiswa yang menghasilkan produk terbaik," ungkap Tri

Sementara itu Rektor Universitas Majalengka Prof. H. Sutarman melalui Wakil Rektor.1 Dr. Diding Badjuri mengatakan sangat mengapresiasi gelaran Pameran Inovasi Karya Mahasiswa Fakultas Teknik UNMA tahun 2019, selain bangga, UNMA juga sangat mendorong dan memotivasi agar mereka terus berkreasi dan berinovasi serta lebih berkembang lagi.

"Harapan kedepan, outputnya  bukan hanya produk-produk yang bersifat marketable namun lebih kepada kompetible atau mampu bersaing pada ajang kompetisi sehingga eksistensi UNMA khususnya Prodi-prodi di Fakultas Teknik bisa lebih go publik," tegas Diding.

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIAJUcom
Twitter: TINTAHIAJUcom
YouTube: TINTAHIAJU Channel


Banner Kanan 1
Banner Kanan 2
Banner Kanan 3

Twitter Update

Gerakkan Ekonomi Desa, Bupati Subang Luncurkan BUMDes Jawara https://t.co/ryjOezfqu3
5 Hari Dikerangkeng, Warga Majalengka Ditemukan Tewas Dengan Tangan Terikat https://t.co/wuksQDRkuU
Agenda Kunjungan Presiden ke Kabupaten Subang Batal https://t.co/0g5s5Z9XIw
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page