Follow us:

Universitas Majalengka Jalin Kerjasama Dengan Kampus TSUE Uzbekistan

Universitas Majalengka melakukan penandatangan MoU Kerjasama dengan Kampus Tashkent State University of Economics (TSUE) Uzbekistan

Penandatangan kerjasama itu dilakukan oleh masing-masing rektor di Kampus Universitas Majalengka pada November silam. Kerjasama antara perguruantinggi itu untuk Joint research, student and academic staff exchange, guest lecture, dan lainnya.

Rektor Universitas Majalengka Prof. H. Ir. Sutarman, M.SC mengatakan melalui kerjasama ini Universitas Majalengka menambah pengalaman, selain dalam mengelola pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang menjadi kegiatan rutin, juga mendapat tambahan pengetahuan dalam mengelola perguruan tinggi secara professional, dan dengan tingkat mutu proses yang satu tahap lebih tinggi.

Sutarman memaparkan kerjasama antar perguruan tinggi nasional telah banyak dilakukan. Saat ini, Kerjasama akan terus dijajaki dengan perguruan tinggi luar negeri.  

"Sekarang kita sedang menapak jalan merintis kerjasama internasional dengan perguruan tinggi luar negeri, agar mampu mengambil manfaat yang tinggi untuk dapat diimplementasikan untuk kepentingan masyarakat kampus maupun luar kampus," kata Sutarman.

Dia memaparkan pada 2016 UNMA telah menjalin kerjasama internasional dengan Monash University Melbourne Australia, dan bulan November 2018 Universitas Majalengka telah menandatangai Nota Kesepakatan dengan Tashkent State University of Economics (TSUE) Uzbekistan. TSUE ini, merupakan universitas terkemuka di belahan Asia Tengah dan telah melahirkan para alumni yang sukses menjadi pemimpin negaranya.

"Dalam upaya menuju perubahan signifikan, perguruan tinggi tak cukup berkutat pada kegiatan Tridharma, tetapi harus mampu melebarkan sayap dalam melakukan pergaulan ilmiah antar perguruan tinggi baik nasional maupun internasional, sehingga mampu saling mengisi, pengalaman yang dilaluinya," paparnya

Sementara itu, dalam hal pergaulan internasional dalam tataran Asean, terang Sutarman, Universitas Majalengka aktif dalam kegiatan Sea-Teacher yang dikoordinasi melalui SEAMEO. Dalam kegiatan ini mahasiswa melakukan PreService (praktik mengajar) di SMA Filipina dan mahasiswa Filipina melakukan hal yang sama di SMA Majalengka.

Di bagian lain, mutu kegiatan pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat telah dilakukan secara konsisten dan taat azas. Karenanya Universitas Majalengka telah mampu meningkatkan daya saing para alumninya, terbukti lulusan Universitas Majalengka berkiprah sebagai ASN, TNI, Polri, wirawasta, BUMN dan peruisahaan asing

Berdasarkan prestasi di atas, pihak Kemenristek Dikti telah memberi kepercayaan kepada para dosen Universitas Majalengka dalam memberi hibah penelitain dan pengabdian kepada masyarakat dengan bantuan dana lebih dari Rp2 miliar.

"Dengan program itu berdampak pada meningkatnya mutu baik secara kuantitas maupun kualitas," pungkasnya. (Echa)



FOLLOW SOCMED
FB & IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIJAUcom


Banner Kanan 1

Twitter Update

Belasan Pot Bunga di Alun-alun Subang Dirusak Orang Tak Dikenal https://t.co/jRPYlaiiLa
Pemkab Majalengka Lelang 5 Jabatan Strategis https://t.co/5mEimHI8Y0
Di luar Ekspektasi, Warga Subang: Debat Capres Seperti Cerdas Cermat https://t.co/KHiXSwzuDq
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page