FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Sekali Tanding, Pegulat Subang Sabet Sabuk Emas Kejuaran MMA Nasional

TINJAU SUBANG- Dahsyat! Pegulat asal Subang Tovan Novian sukses menyabet sabuk Emas dalam kejuaraan MMA atau bela diri campuran tingkat Nasional yang digelar di GOR Gotong Royong, Subang.

Kejuaraan MMA ini diikutioleg 20 fighter dengan mempertandingkan dua divisi, yakni Rookie Division dan Pro Division. Kedua divisi tersebut akan mempertandingkan Fly Weight (52 kg-56,7 Kg), Bantam Weight (56,7 Kg - 61,2 KG) dan Feather Weight (61,2 kg-65,8 KG).

Prestasi yang dicetak Tovan itu tidak banyak yang mengira. Maklum saja, pegulat dari Sasana Waruga Mandalajati Subang itu baru pertama kalinnya mengikuti kejuaraan. Ada haru dan bangga saat Novan mengenakan sabuk emas piala Bupati itu.

"Kita tidak menyangka jika Novan ini bisa sukses. Kita baru beberapa bulan berdiri, dan baru kali ini mengikuti kejuaraan. Tapi syukur alhamdulillah, Novan bisa bermain baik dan akhirnya berhasil mendapat sabuk Emas," kata Pembina Sasana Waruga Mandalajati Subang Evi Silviadi.

Dengan prestasi ini, kata Evi, menjadi pemacu dan pemicu bagi puluhan anak buahnya yang berlatih di Sasana Waruga Mandalajati. Di bagian lain, kata Evi, prestasi ini sebagai bukti Subang memiliki potensi jika dikelola dan dibina.

"Kita sampaikan selamat kepada Novan. Jangan pernah puas dengan apa yang kamu raih hari ini, terus berprestasi, Novan. Satu ingin saya sampaikan dengan prestasi Novan ini membuktikan, kita bisa, Subang bisa berprestasi, sepanjang ada pembinaan secara serius," pungkasnya.

Sasana Waruga Mandala jati ini berada di Gedung KNPI Jl. Otto Iskanda Dinata Subang. Ada tiga cabang olahraga yang akan dibina di Sasana Waruga Mandala Jati ini. Ketiga cabor itu adalah Beladiri Muay Thai, Boxing-Tinju dan MMA atau belada diri campur (MMA) gelut galuh.

Meskipun hadir pada Juli lalu, namun hingga saat ini sudah ratusan orang yang bergabung dan berlatih di sana. Mereka mendapat latihan dan bimbingan dari pelatih nasional, Iwan Said.

Dalam Sasana Waruga Mandala Jati ini ada ring Muay Thai dengan diameter 8 meter. Ring itu, kata Iwan Said, memiliki standar internasional. Terali ring terbuat dari besi yang dilapisi spon, sementara untuk alasnya terbuat dari kampas sehingga saat Nak Thai (sebutan atlet Muay Thai) jatuh tidak merasa sakit. Sementara tinggi ring sekitar 1 meter.

"Ring yang ada di Subang ini standar Internasional. Di daerah lain itu ringnya kecil. Dalam 3 bulan latihan, akan bisa kelihatan lah hasilnya," kata  Iwan Said yang pada SEA Games 2013 di Myanmar sebagai pelatih Nasional. [annas nashrullah]

foto: Tovan Novian foto bersama Bupati Subang Ojang Sohandi dan Pembina Sasana Waruga Mandalajati EVi Silviadi

follow twitter @tintahijaucom

TRENDING TOPIC

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

88.111 Warga Karawang Dapat Bantuan Program PKH https://t.co/LIY4HLWpKW
Bakso Korejat Tawarkan 10 Varian Bakso yang Bikin Move On https://t.co/kzRUg5QE6D
Penjelasan Riset ITB Prediksi Kemunculan Tsunami 20 Meter di Pantai Jawa https://t.co/Bl3AdXB7zf
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter