FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Tips Sukses Hadapi Ujian Nasional versi Kak Seto



"Tentu pertama jangan lupa berdoa. Sekarang tidak usah belajar lagi, yang lalu sudah. Kini jaga kesehatan, jangan begadang, bangun pagi dan olahraga pagi," jelas Kak Seto, Sabtu (12/4/2014).

Menurut Kak Seto, belajar yang efektif dilakukan saat ini ya membaca ringkasan. Jangan lupa rileks-kan pikiran. "Melihat ringkasan. Lalu santai saja, tenangkan diri dan tidak membuang energi banyak," imbuh dia.

Kak Seto juga menyarankan agar para siswa yang menghadapi ujian nasional tidur lebih awal dan bangun pagi. Berolahraga sebentar agar tubuh fit. "Hari Minggu ini semua peralatan untuk UN dicek, biar siap. Jadi saat bertempur benar-benar fit," sarannya.

Tak perlu takut akan kegagalan. Yang penting sudah berusaha yang terbaik. "Harus berani sukses dan harus siap gagal. Kalau gagal, Tuhan menunjukkan jalan lain supaya mengarahkan kepada kesuksesan yang lebih lagi. Banyak yang gagal, dan malah bersyukur gagal," terang Kak Seto yang dikenal sebagai psikolog anak ini.

Saran Kak Seto juga jangan berbuat curang dengan mencontek atau mencari bocoran. "Serahkan kepada Yang maha kuasa, ini akan lebih tenang. Semua harus siap mental," tutupnya seperti dikutip detik.com

Di Subang UN akan diikuti sebanyak 12.772 pelajar SMA/SMKyang berlangsung selama tiga hari mulai Senin (14/4/2014). Persiapan para peserta UN di Subang, kata Kepala Dinas Pendidikan Subang Kusdinar, masing-masing sekolah sudah melakukan berbagai persiapan supaya para pelajarnya bisa menguasai materi pelajaran maupun siap secara mentalnya.

“Mereka sudah diberikan bimbingan, pengayaan maupun try out. Malahan banyak yang melangsungkan istigotsah maupun doa bersama,” katanya.

Peserta UN Tahun Ajaran 2013-2014 di Kabupaten Subang tercatat 12.772 pelajar SMA dan SMK, sedangkan peserta dari Madrasah Aliyah tercatat 1.048 pelajar. “Yang 0,1 persen tak lulus itu karena pesertanya ada sakit dan ada yang meninggal dunia,” katanya.

 

 

foto: ilustrasi

Berita Selengkapnya Klik di Sini

Berita lain terkait klik di sini

TRENDING TOPIC

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Kasus Covid-19 di Majalengka Bertambah, Ini Daftar Lengkapnya https://t.co/BLXJl1Mh5g
Dentuman Misterius Juga Pernah Terjadi di Luar Negeri https://t.co/N9XHkYlmhO
459 Terkonfirmasi Covid-19, Karawang Kembali ke Masuk Zona Merah https://t.co/DLAoukXesB
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter