FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Pererat Persaudaraan Jabar-Yogyakarta Lewat Even Gempita Budaya

Indeks Artikel



BANDUNG, TINTAHIJAU.COM- Mempertegas persaudaraan antara Jawa Barat dan Yogyakarta, digelar even Gempita Budaya (Gelar Muhibah Pikat Amerta Budaya)

Pada event yang digelar di Depan Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (7/12/2021) malam itu hadir pula Gubernur Yogyakarta, Sultan Hamengku Buwono IX beserta istri dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama istri.

Pada Gempita ini menampilkan tarian Bedhaya Sapta dan Beksan Menak Kakung Umarmaya-Umarmadi. Bedhaya Sapta yang merupakan tarian Yasan Dalem (karya) Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan ditarikan oleh tujuh penari perempuan ini memiliki akhir cerita terjalinnya hubungan antara utusan Mataram dan tlatah Pasundan.

Sedangkan, Beksan Menak Kakung Umarmaya-Umarmadi merupakan tarian Yasan Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang memiliki gerak tari yang terinspirasi dari Wayang Golek.

“Tadi ada tarian-tarian yang inspirasinya dari serat Pasundan dari kitab Pasundan, dan juga tarian yang datang inspirasinya dari Wayang Golek, sehingga menandakan betapa dalamnya hubungan antara Jabar dan Jawa ini secara sejarah,” kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

“Saya sangat berbahagia malam ini, di tengah suasana yang hening dan khidmat ini terjalin hubungan yang makin erat makin luar biasa antara Provinsi Jabar dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta,” imbuhnya.

Selain itu, Emil, sapaan Ridwan Kamil, mengungkapkan bahwa pohon yang berada di Alun-alun Utara Yogyakarta bibitnya berasal dari Jabar. Hal itu memperlihatkan bahwa persahabatan Jabar-Yogyakarta sudah terjalin sejak dulu.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Pasca Ghozali Everyday Viral, Platform NFT Dipakai Jualan Cilor dan Lemari https://t.co/vs6AOLqUhE
Inilah Dua Nama Kandidat yag Disebut-sebut Bakal Jadi Pelatih Persib, Siapa Saja Mereka? https://t.co/I5SVsqJivY
Viral, 6 Desa di Sumedang Dijarah Ribuan Monyet Liar https://t.co/g47SPnZfSg
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter