FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Sisingaan Subang Akan Tampil di Kancah Internasional

SUBANG, TINTAHIJAU.com - Seni khas Subang Sisingaan akan tampil di Kancah Onternasional. Seorang Guru berprestasi asal Subang, akan membawa misi Sisingaan ke sejumlah negara.

Seni sisingaan merupakan kesenian khas Subang yabg telah lama dipelihara dan sering digunakan dalam acara-acara besar seperti hajatan dan khitanan di Kabupaten Subang.

Selain menjadi pertunjukan hiburan bagi masyarakat, sisingaan juga memiliki makna sejarah yang kuat dan mengandung nilai-nilai luhur yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut mendorong pentingnya sisingaan untuk diperkenalkan dengan baik kepada para generasi muda dan juga di kancah internasional.

Leni Resnawati seorang guru bahasa Inggris di SMP Negeri Ciasem yang juga menjadi salah satu guru berprestasi berjuang membawa sisingaan agar menjadi kesenian yang diakui oleh UNESCO.

Dalam prosesnya Leni turut didukung oleh Kementerian pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan berkolaborasi dengan Komite Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU).

"Sisingaan Goes to Unesco, salah seorang guru berprestasi, Ibu Leni sedang berjuang di Unesco, akan dilakukan pertukaran budaya inetrnasional, beliau akan membawa sisingaan di kancah ineternasional, selain di unescoo juga ke asia pasisifik  dan lainnya merancang misi sisingaan ke dunia," kata Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Tatang Komara

Untuk mempersiapkan pertunjukan di kancah dunia itu, dua Grup Seni Sisingaan dari SMPN 1 Pagaden dan Trisna Wangi (Dewasa) menampilkan aksinya untuk diambil video. Pengambilan gambar dilakukan di pelataran Wisma Karya Subang

Bupati Subang H Ruhimat yang hadir sempat digotong di atas sisingaan bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tatang Komara.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan dukungan dan apresiasi atas upaya membawa sisingaan ke kancah internasional melalui UNESCO ini.

"Dengan segala nilai-nilai sejarah dan budaya yang terkandung dalam kesenian sisingaan, Sisingaan berharap sisingaan bisa dikaji agar segera dibuatkan Pergub dan dapat menjadi ekstrakurikuler maupun kurikulum muatan lokal," terangnya.

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Nakes RSUD Ciereng Subang Positif Covid, Dicurigai dari Pasien dan Hajatan https://t.co/rhytNAFZPN
Laka Beruntun, 9 Orang Tewas di Tol Cipali Subang https://t.co/CoTk1DS2DU
Puluhan Nakes Positif, Seluruh Poli Rawat Jalan RSUD Ciereng Subang Tutup Sementara https://t.co/csl0HroVFY
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter