FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Berdaya di Tengah Covid-19, Perempuan di Majalengka Ikut Pelatihan Tata Boga

MAJALENGKA, TINTAHIJAU.com - Sebanyak 30 Perempuan lulusan jalur pakte B dan C (setara SMP dan SMA) dari Desa Pagandon Kecamatan Kadipaten, Majalengka Jawa Barat, mengikuti kegiatan Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha jenis Keterampilan Tata Boga.  Ini dilakukan untuk menumbuhkan perekonomian warga di tengah pandemi Covid 19.

Kegiatan yang digelar di PKBM Miftahul Huda Desa Pagandon dibuka langsung Kepala Dinas Pendidikan Majalengka Ahmad Suswanto bertempat di PKBM Miftahul Huda Desa Pagandon Ahad, (20/92020)

Ketua Pelaksana sekaligus Penggagas kegiatan Egi Trialogi mengatakan dimasa Pandemi Covid 19 sangat sulit kehidupan masyarakat sehingga ia berinovasi bagaimana caranya kegiatan ekonomi masyarakat tetap berjalan.

"Kita lihat masyarakat di masa pandemi kehidupannya sangat sulit sehingga kami berpikir dan berinovasi bagaimana caranya kegiatan ekonomi masyarakat tetap berjalan," katanya.

Ia menyebutkan kegiatan kewirausahan dan kecakapan hidup perempuan, dikemas agar masyarakat bisa bekerja dan merintis usaha kedepannya, karena selesai kegiatan selama dua bulan  akan diberi modal dalam bentuk uang ataupun barang.

"Mereka yang ikut kegiatan kewirausahaan adalah perempuan usia sekolah, karena sebagai satu syaratnya adalah usia sekolah maksimal usianya 30 tahun, sedangkan untuk program kecakapan hidup perempuan sasarannya adalah masyarakat dengan ekononi rentan makanya menyasar ibu-ibu yang tidak memiliki pekerjaan," papar Egi.

Sementara Ketua PKBM Miftahul Huda Desa Pagandon Kec. Kadipaten Kab. Majalengka Dede Ahmad Jafar mengaku selain sisi akademik anak-anak dijalur Paket B dan C  memiliki pendidikan pokasi berupa keterampilan tata boga. Ia berharap peserta didiknya dikemudian hari memiliki sisi akademik dengan pendidikan dan dibuktikan dengan ijazah dan di pendidikan pokasi memiliki keterampilan sehingga lebih bermanfaat bagi mereka dikemudian hari.

"Nantinya mereka bisa bekerja di perusahaan, KUKM atau membuka sendiri wirausaha dengan mengembangkan hasil dari pendidikan di PKBM  Miftahul Huda ini," pungkasnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kab. Majalengka Ahmad Suswanto mengaku bangga terhadap PKBM Miftahul Huda Desa pagandon dan berharap PKBM ini akan menjadi contoh bagi 35 PKBM  yang ada di Kab. Majalengka.

"Atas inovasi yang dibangun warga desa pagandon khususnya oleh PKBM Miftahul Huda Desa Pagandon, sangat jarang dimanapun antara PKBM dan pemerintah desa sinkron yakni pemerintah desa Pagandon telah memberikan suport dana  3 tahun  berturut-turut  yaitu 25juta/tahun untuk pendidikan di PKBM Miftahul Huda dan itu jarang terjadi," ungkap Ahmad.

Untuk itu, ia sangat mendukung kegiatan Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha jenis Keterampilan Tata Boga yang sangat bermanfaat bagi perempuan ditengah situasi Pandemi Covid 19.


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

TRENDING TOPIC

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Perpusda Purwakarta Jadi Percontohan di Indoensia https://t.co/lUCvNxh3W8
Fakta atau Mitos: Vagina Bisa Longgar Karena Kebanyakan Berhubungan Seks https://t.co/SSQ5KdIWPn
Indramayu Kini Miliki Laboratorium Untuk Uji Swab Sendiri https://t.co/b4LNu69r8x
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter