FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Lampaui Target, Tarian Belentung Majalengka Cetak Rekor Dunia

MAJALENGKA, TINTAHIJAU.com - Tarian Belentung yang diikuti sebanyak 2074 orang sukses diganjar rekor dunia dari Recor Holders Republic (RHR).

Gelaran dalam rangka Festival Tanah Air 2019 diikuti lebih dari target awal yakni 1000 orang. Kenyatannya, panitia mencatat, ada sekitar 2074 orang ikut ambil bagian menari tarian Belentung di  di Sasak Beureum, Blok Klewih, Keccamatan Jatitujuh, Majalengka

Atas keberhasilan itu, Record Holders Republic yang merupakan Lembaga Rekor Dunia itu mengapreisasi Tarian Belentung mencetak rekor dunia dengan jumlah terbanyak.  Sertifikat Rekor Dunia itu diberikan Indonesia Vice President of RHR, Lia Mutisari yang diterima langsung Bupati Majalengka Karna Sobahi.

"Rekor dunia RHR di Bendung Rentang Jatitujuh dengan rekor yang dilaksanakan adalah The Most Belentung Dance. Ini adalah rekor baru, tari Belentung hanya ada di sini. Jadi ini dimasukan tari kolosal baru," kata Indonesia VP of RHR Lia Mutisari.

Ribuan penari yang berasal dari berbagai kalangan, baik pelajar, mahasiswa, Dharma wanita, Persit, berbagai komunitas mengambil bagian dalam tarian Belentung yang dimulai sekitar pukul 16.00 WIB.

Di tengah-tengah ribuan orang, tampak ikut ambil bagian Bupati Majalengka Karna Sobahi, Wakil Bupati Tarsono D. Mardiana, Sekda Majalengka Ahmad Sodikin dan jajaran Muspida. Bahkan, tidak hanya ikut penari Belentung, Bupati Karna ikut memainkan alat musik yang digunakan sebagai pengiring tarian Tari Belentung

"Luar biasa, saya sangat mengapresiasi hasil karya Komunitas Konser Kampung hari ini, baik tarian maupun musiknya benar-benar bermuatan lokal," kata Bupati sumringah.

Bupati menegaskan hadirnya Konser kampung telah mengindikasikan Majalengka sebagai kota kreatif versi Badan Ekonomi Kreatif dalam seni pertunjukan. Majalengka, jelas Karna dituntut kreatif dalam bidang seni bidaya, wisata, kuliner.  

"Konser kampung ini jadi indikator yang tidak terpisahkan di mana Majalengka masuk sebagai kota kreatif kategori seni pertunjukan," tegas Bupati.

Ketua pelaksana Tari Kolosal Belentung Cak Ghetot mengatakan, Tarian Kolosal Belentung berdasarkan data panitia diikuti 2074 orang penari.

Meskipun Tarian Belentung itu tuntas digelar hari ini, namun rangkaian acara Festival Tanah Air masih berlangsung hingga 28 Oktober.

"Alhamdulillah Tarian Belentung sukses diikuti ribuan penari bahkan Bupati dan unsur Muspida juga ikut. Mudah-mudahan Tarian belentung akan jadi ciri khas Jatitujuh bukan hanya saat ada festival." kata Ghetot


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Catat Girls!, Kata-kata Ini Tidak Mau Didengar Pria dari Pacarnya https://t.co/ALbh4FA7X7
Jelang Idul Adha, Mentan Kunjungi Peternak di Purwadadi Subang https://t.co/XU7exO4wy9
Satu Pasien Terkonfirmasi Covid-19 di Subang Meninggal Dunia https://t.co/BkQGdlP9ts
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter