FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Kemeriahan Sedekah Bumi di Desa Ligung Lor Majalengka

MAJALENGKA, TINTAHIJAU.com - Ratusan warga Desa Ligung Lor, Kecamatan Ligung, Majalengka tumpah ruah di halaman kantor desa Ligung Lor, mereka datang untuk mengikuti acara sedekah bumi Rabu (18/9/2019.

Sedekah bumi yang digelar Pemdes Ligung Lor dikuti ratusan warga dalam menyambut musim penghujan atau rendeng. Warga datang berduyun-duyun dengan membawa nasi tumpeng dan makanan  khas sedekah bumi seperti ketupat, leupeut dan panggang ayam. "Alhamdulillah, sampai sekarang di Ligung Lor ini masih memegang tradisi sedekah bumi, guar bumi dan munjungan," kata Kades Ligung Lor Suntana.

Suntana juga mengatakan selain sedekah bumi juga ada tradisi Munjung yaitu mendoakan para leluhur di areal TPU. Sedangkan bongkar bumi atau guar bumi adalah  tradisi dimana para petani melakukan doa bersama menjelang masa tanam.

"Di era modern ini gotong royong sudah hampir punah  namun tidak demikian dengan di Desa Ligung Lor yang masih kuat dalam kehidupan bergotong royong," ucapnya bangga.

Dalam acara sedekah bumi ini warga larut dalam doa yang dipimpin ulama atau sesepuh setempat. Setelah itu dilanjutkan dengan makan bersama dari makanan yang mereka bawa kemudian dikumpulkan untuk didoakan terlebih dahulu. Acara sedekah bumi selain dihadiri ratusan warga juga disaksikan unsur desa dan unsur Muspika Kecamatan Ligung



FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom


Banner Kanan 1
TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Ahmad Dhani Cium Maia Estianty di Grand Final Indonesian Idol https://t.co/2rnpKgbQja
Subang Dilanda Banjir, BMKG: Saat Ini Puncak Musim Hujan https://t.co/yPcV9StoTo
Kembali Pimpin MPC PP Subang, Endang Kosasih: Jangan Sampai Bupati Diambil KPK Lagi https://t.co/ckyY4LTa8S
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page